Sabtu, 04 Juni 2016

MUHIBAH BUDAYA DI TEMANGGUNG JAWA TENGAH




Melanjutkan program Muhibah Budaya yang telah diawali di Lampung, pada hari Jum'at, 13 Mei 2016 Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta yang bekerjasama dengan PEPADI DIY menggelar Wayang Kulit semalam suntuk di Kabupaten Temanggung dengan lakon "Karna Kalajaya".


Pagelaran yang diselenggarakan di PENDAPA PANGAYOMAN Kabupaten Temanggung itu menampilkan 3 dalang: Ki Bayu Probo Prasopo Aji (dalang remaja dari Sleman), Ki Guntoro (dalang muda dari Kulon Progo) dan Ki Kuwat Hadi Samono (dalang senior dari Gunung Kidul).





Tampilan ketiga dalang tersebut saling melengkapi dimana dua dalang terdahulu tampak menonjol pada garap sabet, sementara Ki Kuwat Hadi Samono lebih menekankan sanggit dan geculan sebagaimana almarhum Ki Hadi Sugito.






Mengiringi pagelaran tersebut, karawitan PRABU (Prawira Budaya) dari Gunung Kidul yang dimotori oleh Ki Oky Wijaya dan Ki Roni Achmad  tampil total dengan didukung lima orang waranggana: Nyi Susmiyati, Nyi Natalia Lestari, Ni Saraswati Meiana, Ni Deni Purwanti dan Ni Intan Puspitasari.







[Anang_P]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan/ komentar disini.